Simak 7 Tips Agar Kamu Sukses Saat Berbicara Di Depan Umum!

Keahlian dalam berbicara di depan umum atau biasa disebut dengan public speaking merupakan salah satu soft skill wajib yang harus teman kecil miliki. Kemampuan public speaking merupakan hal yang sering menjadi pertimbangan untuk segala jenis pekerjaan. Namun, sayangnya tidak semua orang menguasai kemampuan ini.

Tapi jangan minder duluan teman kecil! Karena kemampuan public speaking merupakan soft skill yang dapat dilatih. Pada dasarnya, kemampuan ini bukanlah sekedar bakat yang hanya dimiliki oleh segelintir orang. Tetapi dapat didasari oleh latihan yang tekun dan juga pengalaman agar dapat berbicara di depan umum dengan baik.

Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan ketrampilan kalian dalam menyampaikan topik yang ingin dibawakan. Agar kalian dapat sukses saat berbicara di depan umum.

1. Take Your Time

Pada saat ingin berbicara di depan umum, jangan terburu-buru untuk langsung maju ke hadapan audiens. Detik-detik krusial ini akan menjadi penentu akan keberhasilan kalian saat berbicara. Pada saat nama kalian dipanggil, kegugupan akan mulai memuncak. Ada baiknya kalian menarik nafas dulu sejenak, lalu yakinkan diri kalian bahwa kalian dapat menyampaikan topik yang sudah disiapkan dengan baik.

2. Kuasai Perhatian Audiens agar Sukses Berbicara di Depan Umum

Pada saat berbicara, kalian pasti ingin diperhatikan dan tidak ingin audiens kalian malah terdistraksi dengan hal yang lain. Maka dari itu kalian harus membuat para audiens merasa terhubung secara personal dengan kalian. Gunakan kalimat pembuka yang membuat audiens merasa dihargai dan diperhatikan oleh kalian. 

3. Jaga Kontak Mata dengan Audiens

Kontak mata merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan pada saat berbicara di depan umum. Dengan adanya kontak mata, maka akan tercipta suasana komunikasi yang lebih nyaman. Audiens pun akan merasa diperhatikan jika kalian melakukan kontak mata langsung.

Jika kalian masih gugup untuk langsung melakukan kontak mata ke audiens, coba alihkan perhatian kalian ke batang hidung atau dahi audiens. Hal ini terbukti membantu untuk mengurangi rasa gugup saat melihat audiens langsung.

Hal yang perlu diingat adalah, jangan pernah menatap langit-langit ataupun kearah yang tidak terdapat audiens. Karena hal tersebut menunjukkan bahwa kalian masih kurang percaya diri dalam berbicara di depan umum.

4. Bicaralah dengan Santai

Santai dalam konteks ini maksudnya berbicara dengan ritme yang tidak terlalu cepat dengan cara berbicara secara perlahan sehingga para audiens pun merasa nyaman dalam mendengarkan. Bukannya kalian malah jadi slengean diatas panggung ya!

5. Highlight Bagian yang Penting

Pada saat mulai masuk ke inti dari topik yang dibicarakan, kalian pasti ingin audiens mengingat pesan-pesan yang telah disampaikan. Maka dari itu, cobalah melakukan pengulangan pada poin penting yang ingin anda sampaikan. Bisa dengan cara mengulangnya di tengah atau akhir kalimat. Sehingga para audiens dapat mengambil poin dari topik yang anda sampaikan.

6. Berinteraksi dengan Audiens

Terkadang jika kita berada di posisi sebagai audiens, pasti kita akan merasa bosan pada saat mendengarkan suatu topik yang panjang dan tidak ada interaksi secara dua arah. Akhirnya, kita akan mengalihkan perhatian kita kepada sesuatu yang lebih menarik, bermain gadget misalnya. Tentu saja hal ini tidak ingin terjadi apabila kita berada di posisi sebagai pembicara. Maka dari itu, sesekali kita harus mengadakan interaksi dengan audiens kita. Hal ini dapat dilakukan dengan cara bermain games, melemparkan pertanyaan, atau mungkin memberikan kesempatan kepada audiens untuk bertanya. Jika masih belum efektif, coba siapkan beberapa rewards untuk audiens yang aktif bertanya atau menjawab. Sehingga audiens tertarik untuk menjadi aktif dalam topik pembicaraan kita.

7. Terima Feedback Untuk Meningkatkan Kualitasmu dalam Berbicara di Depan Umum

Salah satu ciri pembicara yang baik adalah, mereka dapat memastikan bahwa penampilan mereka hari ini lebih baik dari yang sebelumnya. Hal ini bisa didapatkan dengan cara meminta feedback dari para audiens. Kalian bisa menyebarkan selebaran yang berisikan kritik dan saran yang nantinya akan diisi oleh audiens. Setelah menerima hasilnya, kalian bisa membuat list apa saja kekurangan yang perlu diperbaiki. Sehingga, kalian dapat memperbaiki performa kalian dalam kesempatan berikutnya.

Setelah teman kecil menguasai cara agar dapat lebih percaya diri saat berbicara di depan umum. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah cara untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Beruntunglah kalian, karena Mila sudah mempersiapkan artikel tersebut untuk kalian baca disini Inilah 7 Etika Berkomunikasi yang Kamu Harus Ketahui!

banner social media

Leave a Reply