Self Awareness adalah Satu Cara Menuju Kebahagiaan!

Self Awareness Adalah
Photo by Sirisvisual on Unsplash

Halo Teman Kecil, sadar gasih mempelajari Self Awareness Adalah salah satu cara membangun pribadi kalian untuk dapat bersikap terhadapap berbagai masalah. Teman Kecil, sadar gasih mempelajari Self Awareness Adalah salah satu cara membangun pribadi kalian untuk dapat bersikap terhadap berbagai masalah. Mari kita memulai dari definisinya sendiri. Self Awareness sendiri adalah sikap yang berupaya memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan dan dampaknya terhadap orang lain. Saat kamu memiliki hal tersebut dan menjadikannya habit dalam keseharian, kamu berpotensi mengelola hal besar dan dipercayai dengan tanggung jawab penting.

Hal ini dapat membawa perubahan yang positif dengan membuat anda lebih percaya diri, kreatif, dan dapat berkomunikasi secara efektif. Orang yang memiliki kesadaran diri juga cenderung mengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri, serta dapat melihat suatu peluang dengan baik sehingga kesempatan untuk sukses menjadi lebih besar.

Self Awareness Adalah

Tapi, apakah kesadaran diri adalah tahu kelemahan dan kelebihan sendiri?. Berikut beberapa indikator yang Mila temukan untuk diketahui teman kecil:

Indikator Self Awareness

Menurut Goleman (1996), kesadaran diri dapat diketahui dengan beberapa indikator, antara lain yaitu sebagai berikut: 

  1. Mengenali perasaan dan perilaku diri sendiri. Individu mampu mengenali perasaan apa yang sedang dirasakannya, mengapa perasaan itu muncul, perilaku apa yang dilakukan, serta dampaknya pada orang lain. 
  2. Mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Individu mampu mengenali atau mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dirinya. 
  3. Mempunyai sikap mandiri. Individu mempunyai sikap mandiri atau tidak bergantung pada orang lain yang menunjukkan adanya dorongan atau motivasi untuk melakukan sesuatu yang didasarkan pada keyakinan akan kemampuan diri sendiri. 
  4. Dapat membuat keputusan dengan tepat. Individu mampu membuat atau mengambil keputusan dengan tepat khususnya yang berkenaan dengan perencanaan karier.
  5. Terampil dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat, dan keyakinan. Individu memiliki keberanian dan kesadaran untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat, maupun keyakinan dirinya sendiri yang mencerminkan nilai-nilainya sendiri.
  6. Dapat mengevaluasi diri. Individu mampu memeriksa, menilai atau mengoreksi dirinya, belajar dari pengalaman, serta menerima umpan balik terkait dirinya dari orang lain.

Jenis Self Awareness

Tentu, Mila merasa masih banyak hal selain hal diatas. Kesadaran diri sendiri memiliki banyak potensial untuk terus dikembangkan. Mengutip dari artikel Glint yang  Melansir Harvard Business Review, self awareness sendiri ada 2 jenis:

1. Internal

Jenis pertama ini di ambil berdasarkan kesadaran diri yang terfokus pada bagaimana teman kecil melihat diri sendiri. Seperti apa nilai – nilai yang kamu pegang? Apakah yang menjadi passion-mu?. Dan bagaimana peran  teman kecil di dalam lingkungan sendiri?

Dengan memahami  kesadaran diri secara internal, teman kecil bisa belajar untuk hidup lebih bahagia. Lalu, teman kecil bisa belajar hal – hal apa yang memberi kebahagiaan diri sendiri. Karena, menurut Mila jika teman kecil saja belum bisa bahagia, bagaimana bisa teman kecil menghasilkan output selain diri sendiri, dan Kepuasan diri pribadi teman kecil juga akan lebih mudah tercapai karena tahu hal yang harus dipenuhi. Selain itu, dengan punya kesadaran diri internal yang baik. Teman kecil lebih bisa mengendalikan jika harus mengalami stres dan kegelisahan juga lebih terkontrol.

2. Eksternal

Dibanding dengan yang internal, self-awareness eksternal adalah kebalikan dari internal. Dimana, jika secara eskternal berarti kesadaran diri yang dibangun terfokus pada bagaimana teman kecil terlihat oleh orang lain. Lalu, teman kecil mengetahui seberapa batasan  nilai – nilai yang orang lain pegang yang bisa diterima oleh teman kecil. Dan kedepannya dapat mengasah rasa simpati, empati kalian dengan orang lain.

Langkah untuk Meningkatkan Kesadaran Diri

Setelah mempelajari secara pengetahuan, Gimana sih cara untuk meningkatkan kesadaran diri itu sendiri. Merangkum dari berbagai sumber, ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran diri:

1. Meditasi

Meditasi tidak selalu harus dengan yoga. Teman kecil bisa memulai dengan meluangkan waktu untuk berpikir tentang hari – hari teman kecil. Seperti melihat, apa yang ingin teman kecil kejar? Apa yang berhasil teman kecil lakukan, apa yang belum terjadi?. Melalui renungan itu, teman kecil dapat menentukan langkah yang bisa di ambil untuk mencapainya dan hal apa yang tidak seharusnya dilakukan?

2. Ketahui pemicu amarah teman kecil

Kehidupan tentu penuh dengan berbagai ekpresi. Adakalanya teman kecil marah, sedih, tertawa, kecewa dan hal lainnya. Lalu, bagaimana caranya teman kecil menyiapkan diri menghadapinya? Di mulai dengan mencari akar masalah pemicu amarah. Teman kecil akhirnya, bisa makin mengenali diri sendiri

3. Jangan Buru – Buru

Jika sudah mengetahui apa yang membuat marah dan kecewa? Saatnya belajar mengontrol kemarahan dan kekecewaan itu. Saat emosi negatif datang, coba berhenti dulu dan tenangkan diri. Sebisa mungkin, hindari konfrontasi langsung saat terpicu.Karena, jangan sampe kalian menyesali kemarahan yang kalian luapkan tak pada tempatnya.

Cobalah keluar dari situasi pemicu tersebut, dan istirahat sebentar dengan pergi ke tempat yang tenang. Bahkan, sekadar berjalan pelan sebentar juga bisa membantu teman kecil mengontrol diri. Hal tersebut, dapat membantu teman kecil mengenali, memahami, dan mengendalikan kesadaran diri. Setelah mengetahu cara harus bersikap, tenangkan hati baru keluarkan respons yang tepat.

4. Cari bantuan orang lain

Cari bantuan orang lain
Photo by Blake Cheek on Unsplash

Ketahuilah, bahwa terkadang teman kecil tidak tahu bahwa teman kecil salah. berdasarkan alasan tadi, teman kecil butuh bantuan orang lain untuk memberi masukan sebagai pihak yang melihat dari sisi luar diri. Masukan mereka, bisa menjadi sudut pandang lain. Dengan melakukan hal tersebut, siapa tau opini orang luar  ternyata lebih tajam daripada milik diri sendiri. Tentunya teman kecil tetap harus menimbang – menimbang ya setelah mendapat sudut pandang lain.

Itulah beberapa cara untuk mencapapai kebahagiaan dengan menyadari tentang diri sendiri. Kesimpulan singkat dari Mila sih, faktor penting untuk dipahami teman kecil adalah dengan mengontrol ego teman kecil, untuk bisa mencapai kebahagiaan!

Jangan lupa baca artikel Mila yang lain ya! apalagi yang ini bisa banget bantu kamu mendapatkan pekerjaan: Inilah 10 Soft Skill yang Harus Dimiliki! Agar Kamu Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan


Kunjungi juga artikel menarik yang telah disiapkan oleh rekan-rekan kami:

  1. 7 Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Kecewa
  2. 5 Kreativitas dari Barang Bekas, Mengutungkan Buat Kamu!
  3. Yuk Ungkap, 6 Fakta Pola Asuh Anak Ala Jepang
banner social media

Leave a Reply