Rasa Cemas Berlebihan, Baik Atau Buruk ?

Setiap harinya ketika menjalani hidup, seringkali kita berbenturan dengan berbagai hal. Pertimbangan hal baik dan buruk membuat banyak orang memiliki rasa cemas berlebihan atau istilah kekiniannya overthinking. Tapi, apakah manusia harus memiliki rasa cemas ?. Apakah tidak bisa segala sesuatunya go with the flow atau mengalir begitu saja?. Jadi, setiap orang bisa fokus untuk hal lainnya.

Apakah Definisi Dari Rasa Cemas Berlebihan?

Coba kita telisik dari definisinya sendiri per kata. Rasa menurut KBBI ialah tanggapan hati terhadap sesuatu. Cemas menurut KBBI adalah tidak tenteram hati (karena khawatir, takut); gelisah. Lalu, Secara Kedokterannya, Cemas atau anxiety adalah keadaan emosional yang tidak menyenangkan, berupa respon-respon psikofisiologis yang timbul sebagai antisipasi bahaya yang tidak nyata atau khayalan. jadi, bisa di gabungkan bahwa rasa cemas berlebihan itu tanggapan hati terhadap suatu kekhawatiran yang tidak menyenangkan sehingga menciptakan khayalan yang belum terjadi tetapi terbayangkan.

Jadi, Gimana Caranya Kita Melewati Rasa Cemas Berlebihan?

Rasa Cemas Berlebihan
Photo by Matt Walsh on Unsplash

1. Mencari Tahu Sumber Kecemasan

Yang namanya kecemasan, pasti memiliki sebab dan alasan. akan lebih baik untuk kita mencari tahu terlebih dahulu sumber apa yang menyebabkan kecemasan tersebut.

2. Menceritakan Rasa Cemas Berlebihan Kita

Yah, memang tidak semuanya mau atau bisa diceritakan. Tetapi, percaya deh ketika kalian bisa menceritakan rasa cemas kalian terhadap orang kepercayaan kalian, pasti beban yang dipikul terasa lebih ringan ketika kita menceritakan rasa cemas kita.

3. Mencari Solusi Dari Rasa Cemas

Tentunya, setelah mengetahui sumber, lalu mencoba cerita ke orang terpercaya. Kita terkadang bisa mendapatkan respon – respon yang mungkin bisa jadi jawaban dari rasa cemas kita. atau bisa kita coba cari dari pencarian informasi di berbagai sumber hingga sehingga bisa menjadi referensi menjawab rasa cemas kita

4. Just Do It

Sesuai tagar atau tagline produk ternama ya lakukan. Baik bagaimana pun yang kita pikir, kita cari. Kalo ga dijalanin, ya gabakal terlewati. Karena, namanya rasa cemas, mana mungkin bisa hilang jika tidak pernah kita lewati hal yang kita cemaskan. jadi berhentilah untuk mengkhayalakan atau memikirkannya, Mari kita jalani ya!

Itulah penjelasan yang mungkin bisa menjadi jawaban teman kecil ya! Mila beraharap artikel ini dapat bermanfaat ya!

Jangan lupa juga, baca artikel lainnya seperti: Kata Sederhana Penuh Makna yang Sering Dilupakan

banner social media

Leave a Reply