7 Cara Menyampaikan Pendapat yang Baik di Kantor

menyampaikan pendapat di kantor

Sebagai karyawan pastinya kamu perlu menyampaikan pendapat di kantor, baik ketika rapat dengan divisi kamu atau sedang diskusi bareng tim kamu. “Memang nya kenapa kalau tidak menyampaikan pendapat?” Sebenarnya gak ada masalah kalau kamu tidak menyampaikan pendapat ketika diminta pun tapi menyampaikan pendapat di kantor adalah itikad baik kamu untuk memberikan saran tentang masalah yang dibicarakan

Dan dengan kamu menyampaikan pedapat, kamu akan dinilai berperan aktif dalam mencari solusi di masalahnya, dan tentu nya menjadikan kamu nilai plus bagi atasan kamu karena telah aktif dalam menyampaikan pendapat. Dalam sebuah rapat tentu nya ada banyak pendapat, dan perbedaan pendapat pun sering terjadi dan lumrah.

Maka dari itu teman kecil sebagai karyawan harus berani menyatakan pendapat, jangan sampai ada kepikiran untuk takut mengeluarkan pendapat. Kebanyakan orang ragu utnuk mengemukakan pendapatnya di karenakan mereka takut opini mereka tidak diterima, padahal itu wajar dalam memberikan pendapat di lingkup pekerjaan. Nah supaya nggak ragu dalam menyampaikan pendapat, simak list berikut ini ya!

1. Cara Menyampaikan Pendapat di Kantor yaitu Percaya Diri

menyampaikan pendapat di kantor

Kunci utama agar temankecil didengar pendapat nya oleh teman kerja kamu adalah percaya diri. Tanpa kamu menyampaikan dengan percaya diri, ide sebagus dan se brilian apapun tidak akan diterima baik oleh teman kerja kamu, karena dengan tidak percaya diri, pendapat kamu malah bisa jadi didianggap tidak meyakinkan karena kamu tidak percaya diri.

Maka dari itu latihlah diri kamu untuk menyampaikan perndapat dengan percaya diri, Mila yakin banget kalau kamu sudah bisa menyampaikan pendapat kamu dengan percaya diri, orang lain pun aka merasa yakin dengan pendapat mu dan mereka bisa setuju dan langsung menggunakan pendapat mu untuk masalah yang sedang dibahas.

Baca juga artikel yang mungkin kamu suka

2. Pembahasan Sesuai Masalah

masalah

Fokuskan diri kamu pada masalah yang sedang dibahas, jangan sampai kamu malah terkecoh dengan yang lain sehingga masalah yang sedang dibahas malah tidak ada solusi nya. Perhatikan juga solusi yang kamu akan sampaikan, apakah relevan dan bisa memecahkan masalah? Jika iya, kamu bisa sampaikan pendapat mu

Banyak orang terkadang lupa dengan masalah nya, sehingga mereka pun muncul dengan solusi yang tidak memecahkan masalah, dan ini sering terjadi karena miskomunikasi atau ketidakpahaman karyawan terhadapt masalah, makanya temankecil harus bisa memecahkan masalah dengan solusi yang tepat.

3. Gunakan Kata-kata Konkret

data konkret

Gunakan kata kata yang meyakinkan seperti “berdasarkan data ini..”, “menurut artikel ilmiah…”, atau juga “dari berita yang disiarkan oleh …” Tentunya diikuti dengan data/fakta yang benar. Dengan seperti ini pendapat kamu memiliki landasan yang kuat terhadap masalah yang sedang dibahas dan orang orang yang mendengarkan pasti akan lebih memperhatikan kamu lagi karena kamu menyampaikan data dan fakta kepada solusi kamu.

Dengan membawa data dan fakta kedalam solusi kamu, kamu akan terdengar lebih persuasif dan orang lain akan tergugah dan pastinya akan menyutujui solusi yang kamu berikan. Jika pendapat kamu tidak ada data atau artikel yang mendukung, kamu tetap bisa menyampaikan pendapat kamu, tapi pastikan pemilihan kata kamu bisa jelas dan bisa diterima oleh orang lain.

4. Menyampaikan Pendapat di Kantor dengan Bicara yang Tegas

menyampaikan pendapat di kantor

Perhatikan bahasa tubuh kamu dan intonasi ketika kamu menyampaikan pendapat, karena bisa jadi kamu dinilai tidak tegas dalam menyampaikan pendapat kamu. Malah bisa jadi teman kerja kamu malah meanggap diri kamu tidak becus dalam menyampaikan pendapat karena bahasa tubuh dan intonasi kamu yang tidak tegas.

Tegas tidak sama dengan keras, kamu tetap bisa menjadi tegas tanpa harus keras ketika menyampaikan pendapat, tapi sekiranya kamu butuh untuk menyampaikan pendapat kamu secara keras, maka lakukan lah, karena hal itu tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu tidak bisa berbicara dengan tegas untuk menyampaikan pendapat mu.

5. Ajak Orang Lain untuk Berinteraksi

interaksi

Jangan terlalu idealis dalam menyampaikan pendapat, karena bisa jadi pendapat orang lain punya pendapat yang jauh lebih bagus dari kamu, atau pendapat kamu digabung dengan pendapat orang lain dapat menjadi solusi yang mantap. Mila juga pernah denger kalimat Kill Your Darling, dimana kalimat ini memiliki maksud untuk ide kamu yang sekarang kamu pegang, bisa jadi adalah ide yang buruk, cobalah kamu kesampingkan ide kamu yang itu lalu mulailah berpikir dengan solusi yang baru, lakukan ini sampai beberapa kali sehingga di akhir kamu memiliki banyak opsi yang ditawarkan.

Mulailah mendengarkan orang lain dengan bertanya “bagaimana pendapatmu tentang ide yang saya berikan tadi?” atau “apakah kamu memiliki ide yang lain dari solusi ku ini?” dan pastikan kamu mendengarkan solusi yang ia berikan secara seksama. jadilah fleksibel dan berpikiran terbuka untuk mendengarkan orang lain.

6. Jangan Memotong Pembicaraan Orang Lain

menyampaikan pendapat di kantor

Berikan teman kerja kamu untuk menyampaikan pendapat nya, jangan dipotong atau di ganggu, kecuali pendapat yang ia sampaikan tidak relevan dengan masalah yang dibahas. Tapi jangan sekali kali kamu untuk memotong pembicaraan orang lain, dia memiliki hak yang sama dalam menyampakan pendapat.

Kamu bisa gak setuju dengan ide atau solusi yang diberikan, tetapi kamu juga harus memperhatikan pendapat orang lain sampai selesai. Dan ketika selesai, barulah kamu menyampaikan ide atau solusi kamu. Jika kamu ingin dihargai olah teman kerja kamu, kamu harus bisa menghargai pendapat teman kerja kamu.

7. Menyampaikan Pendapat di kantor dengan Berbicara sambil Menatap Mata Orang Lain

tatap mata

Ini adalah bahasa tubuh yang penting dalam menyampaikan pendapat, melihat mata orang lain ketika menyampaikan pendapat memberikan impresi yang kuat bahwa kamu yakin dan percaya diri dengan ucapan kamu sehingga kamu tidak gentar ketika menyampaikan nya. Jika kamu tidak melakukan ini atau malah memalingkan kepala kamu agar tidak melihat teman kerja mu bahkan atasan kamu, maka kamu bisa dianggap tidak kompeten dalam menyampaikan pendapat.

Memang tidak semua orang bisa untuk menatap mata orang lain, tetapi kamu harus bisa melatih bahasa tubuh ini, karena melihat mata orang lain ketika berbicara adalah bentuk kesopanan dan etika dasar kamu sebagai manusia budi pekerti. Jadi mulailah diri kamu untuk membiasakan diri melihat mata orang lain ketika berbicara.

Itulah tadi 7 cara bagaimana menyampaikan pendapat di kantor, semoga dengan kamu membaca artikel ini, kamu dapat menyampaikan pendapat kamu lebih baik lagi, dan pastinya cara ini tidak hanya berlaku di kantor tetapi ketika kamu di lingkungan pertemanan atau lingkungan keluarga. banyak cara yang pastinya kamu sudah tau, atau kamu ngerasa list ini kurang? kamu bisa tambahin dengan tulis di kolom komentar ya! dan jangan lupa follow sosial media skalakecil.id

Baca juga 9 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita!


Kunjungi juga artikel menarik yang telah disiapkan oleh rekan-rekan kami:

  1. Wajib tahu! 35 Kata-Kata Motivasi untuk Orang yang Insecure
  2. 5 Aplikasi Jastip Online Untuk Mendapat Cuan Dari Hobi Travelingmu
  3. Jenis Jenis Investasi yang Cocok untuk Keluarga Muda
skalakecil

Semua gambar diambil dari pixabay dan unsplash

Leave a Reply