13 Kebiasaan Orang Indonesia yang Buruk

Banyak kebiasaan orang Indonesia yang dianggap buruk dan bahkan merugikan orang lain, ini dilakukan oleh sebagian orang Indonesia. Kebiasaan ini terjadi karena sikap masyarakat saat melihat situasi atau kondisi tertentu yang menyebabkan kerugian bagi orang lain. Maka dari itu kebiasaan yang buruk itu harus mulai dihilangkan dan harus memulai kebiasaan yang baik dari dini agar kita dapat menjadi manusia yang budi pekerti.

1. Males Gerak atau Mager.

mager

“Mager ahh” atau “Duh mager banget gue ngelakuin ini”. 2 kalimat itu mungkin biasa kita dengar baik di lingkup pertemanan, kerjaan, atau bahkan keluarga. ini merupakan contoh yang buruk karena malas adalah kegiatan yang tidak memberikan manfaat bagi mu dan bahkan orang lain.

Untuk tidur sepanjang hari dan begadang dimalam hari tanpa melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat atau yang menghasilkan itu adalah kebiasaan yang buruk. Mulailah dengan merapihkan kamar tidur mu setelah tidur dan berolahragalah demi badan yang sehat.

2. Tidak memakai helm saat naik motor.

motor helm

Masih banyak orang yang melakukan ini, padahal tujuan nya untuk melindungi diri kamu dari kecelakaan lali lintas yang tidak diprediksi. Jauh atau dekat itu tetap perlu memakai helm. Jangan sampai kamu tidak memakai helm dan menyesal dikemudian hari. Dan tentunya gunakan helm standar SNI.

3. Buang puntung rokok dan meludah sembarangan.

puntung rokok

Kebiasaan ini masih sering ditemukan di banyak tempat, baik dikawasan elit maupun di wilayah desa. membuang puntung rokok dan meludah sembarangan di jalan itu adalah kebiasaan yang tidak baik dan seharusnya tidak dilanjutkan.

Meskipun rokok adalah barang yang kecil bukan berarti bisa dibuang sembarangan, begitu juga meludah harus pada tempat nya, pada dasarnya meludah sembarangan adalah hal yang menjijikan. Indonesia belum punya aturan tentang dua hal ini. Semoga Indonesia di kemudian hari dapat membuat aturan ini.

4. Tidak percaya sama negara sendiri.

tidak bangga

Sering kali Mila mendengarkan kalimat yang begitu merendahkan kualitas yang dibuat oleh orang Indonesia. Padahal, jika kita benar benar mendukung produk Indonesia, kita sekaligus membantu negara. Tetapi stigma ini masih melekat di masyarakat dan sering kali berpikir jika kualitas luar negeri lebih baik dibandingkan kualitas dalam negeri.

5. Kebiasaan Orang Indonesia yang Buruk, Korupsi.

korupsi kebiasaan orang indonesia

Menurut Corruption Perception Index yang dibuat oleh transparency.org, Indonesia menepati posisi 102 diantara 180 negara lain nya. Dengan skor 37, Indonesia memiliki skor yang sama seperti Gambia negara di benua Afrika. Korupsi harus dibasmi untuk meningkatkan moral bangsa dan menaikan ekonomi Indonesia diatas rata-rata.

6. Ingin serba instan.

instan kebiasaan orang indonesia

Untuk meraih suatu hasil, harus dengan proses dan waktu yang tidak bisa dibilang singkat. Sayang nya, hal ini sering kali terjadi karena banyak orang yang tidak ingin melewati proses nya dulu. Yang diinginkan nya hanya proses yang cepat dan instan jadi tidak perlu menunggu lebih lama dan mendapatkan hasil nya lebih cepat.

berapa banyak dari kalian yang pernah untuk membayar suatu tahap agar tak perlu melakukan tahap itu? munkin banyak dan tidak bisa dipungkiri memang proses instan ini cepat dan nyaman, tetapi tidak dibenarkan apa yang dilakukan.

7. Tidak Mau Antre.

antre kebiasaan orang indonesia

Mengantre adalah hal yang harus dilakukan dimana pun. ketika ingin membayar toll, ketika ingin memesan tiket bioskop, ketika sedang menunggu naik wahana. mengantre menjadi kewajiban dan banyak orang yang tidak ingin mengantre karena tidak sabar atau merasa urusan nya lebih darurat dari yang lain. Padahal kan semua yang mengantre memiliki tujuan dan urgensi nya masing masing. Hargai orang yang sudah mengantre lebih dahulu.

Baca Juga 101 Cara Hidup Mandiri Ala Skalakecil

8. Tidak Tepat Waktu menjadi Kebiasaan Orang Indonesia

tidak tepat waktu kebiasaan orang indonesia

“Gua otw ya” padahal aslinya sedang ingin mandi, atau ketika aturan di kantor masuk jam 9 pagi, tetapi kamu masuk jam 9.30. Kebiasaan ini sering terjadi di lingkup pertemanan dan dunia pekerjaan. Jika kamu tidak tepat waktu terhadap janji teman mungkin masih bisa dimaklumi karena kamu berteman dengan dia. Tetapi jika kamu tidak tepat waktu di janji pekerjaan maka kamu akan dianggap tidak profesional dan mungkin kamu tidak akan dianggap serius dikemudian hari karena sikap mu yang tidak waktu.

Menghargai waktu adalah sikap yang penting. bahkan ketika sebuah pertemuan menunggu orang orang yang tidak tepat waktu, berarti pertemuan itu memberikan reward kepada orang orang yang tidak tepat waktu dan memberikan hukuman kepada yang sudah datang tepat waktu.

9. Kebiasaan Orang Indonesia, Bergosip.

bergosip kebiasaan orang indonesia

Ketika berkumpul dengan teman teman, seringkali kita membahas seseorang dan sisi negatif nya. Alangkah baik nya jika kita sedang berkumpul dengan teman teman kita, kita membahas tentang pekerjaan, hidup kita, bahkan ide ide untuk jalan jalan nanti, atau ide bisnis. mungkin jika ingin membahas seseorang bisa membahas pencapaian nya dan dampat positif yang ia berikan.

10. Merusak Fasilitas Umum.

fasilitas umum rusak

Sering kali ketika terjadi demo, tawuran pelajar, tawuran antar supporter yang di korbankan adalah fasilitas umum. Entah itu gerbang, kursi umu, atau tembok bangunan yang di coret coret sehingga merusak fasilitas umum dan bahkan tidak bisa dipakai untuk beberapa saat.

11. Terlalu bangga dengan indonesia

kebiasaan orang indonesia

Hal ini sering terjadi di dunia maya, ketika seorang bule sedang makan nasi goreng atau dia mengucapkan beberapa kata dalam Bahasa Indonesia seperti “Halo Indonesia”, “Terimakasih”, atau “Selamat Pagi”. Memang tidak ada salah nya ketika mendengar seseorang mengucapkan kata kata tersebut atau sedang makan nasi goreng. Yang salah adalah reaksi berlebihan yang dimana orang orang menuliskan seperti “dia bilang terimakasih, so proud to be Indonesian”.

12. Netizen yang tidak sopan

netizen kebiasaan orang indonesia

Menurut survey yang dilakukan oleh Microsoft, Indonesia berada di urutan ke-29 dari 32 negara yang disurvei untuk tingkat kesopanan, sekaligus menjadi yang terendah di Asia Tenggara. Laporan itu berdasarkan survei yang diikuti oleh 16.000 responden di 32 negara.

Sistem penilaian laporan tersebut berkisar dari skala nol hingga 100. Semakin tinggi skor maka semakin rendah kesopanan daring di negara tersebut. Skor kesopanan daring di Indonesia sendiri naik delapan poin, dari 67 pada tahun 2019 menjadi 76 pada tahun 2020.

13. Membajak Software, Kebiasaaan Orang Indonesia yang Buruk

software kebiasaan orang indonesia

Seberapa banyak dari kalian ketika ingin mengunduh suatu software, yang kalian pilih malah dari website bajakan dan bukan dari website developer si pembuat software nya? Hal ini masih sering ditemukan dan menjadi kebiasaan yang buruk bagi orang Indonesia.

dari daftar yang diatas, mana yang masih kamu lakuin? Semoga kamu sudah sadar bahwa itu adalah kebiasaan yang buruk dan tak layak untuk dilakukan lebih lanjut, dan kamu bisa memulai kebiasaan yang baik dan membawa manfaat bagi orang lain. Jika list ini kurang lengkap, kamu bisa menuliskan apa kebiasaan orang indonesia yang buruk di kolom komentar!

Semua gambar diambil dari pixabay.com

One comment

  1. […] yuk baca juga 13 Kebiasaan Orang Indonesia yang Buruk […]

Leave a Reply