Berikut 9 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita!

Dalam dunia kerja, pasti kamu pernah bertemu dengan atasan yang kurang menyukaimu. Padahal, kamu merasa sudah bekerja sebaik mungkin dan sesuai dengan apa yang atasan kamu minta. Sering kali, atasan memang mempunyai indikator penilaian tersendiri yang hanya diketahui oleh dirinya dan tuhan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang Mila akan memberikan 9 cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita.

Baca Juga:

1. Jangan dimasukkan ke Hati!

sedih dimarahin atasan
Photo by whoislimos on Unsplash

Terkadang, kita suka dihadapkan dengan atasan yang tidak bisa menjaga emosinya. Hal-hal yang diucapkannya seringkali dapat melukai perasaan kita. Kejadian ini jika tidak kita manage dengan baik, dapat menimbulkan masalah kesehatan mental yang serius. Jika atasan kita tidak kunjung sadar dengan tingkah lakunya yang dapat merugikan banyak orang. Maka, mau tidak mau kita harus berusaha sendiri untuk menjaga perasaan kita.

Salah satu caranya adalah dengan tidak memasukkan apapun perkataan negatif tentang dirimu ke dalam hati. Anggap saja semua itu hanyalah angin lalu. Cukup ambil poin pentingnya saja, yang kira-kira dapat meningkatkan potensi dalam diri kita.

2. Cobalah Untuk Tetap Bersikap Profesional Merupakan Salah Satu Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita

tetap bersikap profesional cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita
Photo by Ben Rosett on Unsplash

Suka atau tidak apapun hal yang terjadi, kamu harus tetap memiliki sikap profesionalitas dalam bekerja. Sebagai karyawan yang baik, kamu harus dapat memposisikan diri agar mampu memahami tugas dan tanggung jawab yang diberikan, memahami hubungan dan relasi, serta fokus dan konsisten terhadap urusan pekerjaan.

Sikap profesional adalah hal yang penting di dalam dunia kerja karena akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Profesionalitas dalam bekerja dianggap sebagai salah satu faktor utama dalam mencapai kesuksesan dalam bekerja.

Karyawan yang memiliki sikap profesionalitas dalam bekerja akan selalu dapat diandalkan oleh perusahaan. Maka dari itu, walaupun atasanmu tidak menyukaimu, bukan berarti karirmu diperusahaan tersebut akan berakhir. Karena, jika kamu tetap bekerja dengan sepenuh hati, pasti akan ada petinggi perusahaan lainnya yang akan melihat bakatmu dan tidak akan menyia-nyiakannya. Itulah mengapa penting bagimu untuk selalu memperhatikan sikap profesionalitas dalam bekerja.

3. Jangan Melampiaskan Kekesalan Pada Atasan

marah sama bos
Photo by Ryan Snaadt on Unsplash

Berurusan dengan atasan yang menyebalkan pasti akan membuat kalian sakit hati. Kalian pasti sangat ingin melampiaskan kekesalan tersebut secara langsung kepada atasan kalian. Namun, sekesal apapun kalian terhadap atasan, jangan pernah melampiaskannya langsung kepada mereka. Karena, hal ini dapat merugikan diri kamu sendiri. Nama baikmu pun bisa jadi tercoreng akibat tindakan ini. Bukan tidak mungkin, atasan kalian pasti akan menceritakan hal ini kepada rekan kerja satu levelnya maupun diatasnya. Hal ini dapat menyebabkan karirmu menjadi stuck atau bahkan mengalami penurunan.

Maka dari itu, cobalah untuk melatih anger management kalian. Mila punya 4 tips untuk melatih anger management kalian di dalam dunia kerja.

  • Kenali dan hindari pemicu amarahmu
  • Carilah cara untuk mengendalikan diri. Seperti menarik napas dalam-dalam, minum air putih, ataupun melakukan stretching.
  • Take your time, sebelum mengungkapkan isi hatimu. Jangan pernah berbicara pada saat kamu sedang kesal ataupun marah
  • Diskusikan dengan teman kantor, siapatau teman kantormu memiliki perasaan yang sama, sehingga kalian bisa saling bercerita bagaimana cara mengatasi kekesalan tersebut.

4. Cari Tahu Apa Penyebab Atasan Tidak Menyukai Kita

Cobalah kalian perhatikan lebih dalam lagi, hal apa saja yang menurut kalian tidak sesuai dengan prinsip atasan kalian. Suka tidak suka, kalian harus mencoba untuk mengobservasi hal-hal yang tidak disukai oleh atasanmu. Karena dengan mengetahui apa saja hal yang tidak disukai oleh atasan, maka kamu dapat terhindar dari perkataan ataupun sikap yang dapat menyakiti perasaanmu.

5. Cari Tahu Apa yang Atasan Kamu Sukai

Setelah kalian mengetahui apa yang atasan tidak suka, sekarang waktunya kalian mencari tahu apa saja hal-hal yang atasan kalian sukai. Mulailah dengan membuka obrolan mengenai isu-isu santai seperti tentang olahraga, hobi, makanan dan minuman yang disukai, tempat favorit, dan banyak hal lainnya.

Setelah itu, mulailah arahkan obrolan ke perihal pekerjaan. Cobalah untuk mengorek hal-hal apa saja yang atasan kalian sukai dalam bekerja. Setelah kalian mendapatkan informasi-informasi tersebut. Cobalah kalian terapkan dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang diberikan. Siapa tahu, atasan kalian akan merasa lebih cocok bekerja dengan kalian. Karena, mereka merasa kalian sudah sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan.

6. Amati Gaya Komunikasi Atasan sebagai Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita

Setiap orang yang kalian temui, pasti memiliki gaya komunikasinya masing-masing. Begitu juga dengan atasan kalian. Seringkali hubungan yang kurang baik antara seorang atasan dengan bawahan karena komunikasi yang kurang baik diantara keduanya. Sebagai bawahan, kalian perlu mempelajari bagaimana gaya komunikasi yang disukai oleh atasanmu.

Hal yang perlu di garis bawahi adalah, jangan pernah berasumsi bahwa hal yang kamu pikirkan adalah cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan atasanmu. Lebih baik kamu menanyakan langsung kepada atasan, seperti apa gaya komunikasi yang ia sukai. Seperti bagaimana cara menyampaikan laporan, apakah atasanmu lebih fleksibel dalam menentukan waktu pelaporan, atau harus disampaikan pada waktu-waktu tertentu seperti di pagi hari atau sore hari saja. Dengan melakukan hal ini, kalian dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya misscom.

7. Menyesuaikan Cara Bekerja

Setiap atasan pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang bertipe santai, blak-blakan, visioner, sampai workaholic. Sebagai bawahan, kamulah yang harus menyesuaikan cara bekerjamu dengan gaya atasanmu ini. Kamu juga dituntut untuk selalu memberikan inisiatif, jika atasanmu mungkin melewatkan sesuatu yang krusial perihal pekerjaan. Hal-hal seperti inilah yang akan membuat atasanmu lebih menyukaimu.

Lagi-lagi perlu Mila ingatkan, janganlah kamu menerka-nerka sendiri seperti apa cara mereka bekerja. Lebih baik kamu tanyakan langsung sehingga kamu dapat menghemat waktu dalam menebak-nebak sehingga kamu bisa langsung fokus bekerja.

8. Mengetahui Kapan Harus Mundur

waktunya mundur
Photo by Rob Wicks on Unsplash

Mundur disini bukan berarti kamu menyerah akan keadaan. Tetapi, kamu harus mengetahui sejauh mana limit kamu dalam bekerja. Limit dalam hal ini bisa berarti kesabaran, kemampuan dalam mengerjakan suatu tugas, ataupun batasan-batasan lainnya yang menurutmu dapat mengurangi produktivitasmu dalam bekerja.

Misalnya, atasanmu memberikan tugas diluar dari jobdesc yang kamu miliki. Padahal, kamu sedang mengerjakan sesuatu yang benar-benar urgent untuk segera diselesaikan. Dalam situasi seperti ini janganlah kamu langsung menolak pekerjaan yang diberikan. Karena, hal ini dapat memberikan penilaian negatif dari atasanmu, dan kamu dianggap tidak mampu multitasking. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah, berikan alasan yang logis bahwa kamu sedang memiliki pekerjaan yang lebih diprioritaskan. Atau jika perlu, berikan keluhan kalian bahwa load pekerjaan yang kalian terima sudah terlalu banyak, sehingga kalian tidak bisa menyelesaikannya seorang diri dan membutuhkan bantuan orang lain. Hal terbaik tentang pendekatan ini adalah, kamu tidak terlihat langsung tidak setuju atas tugas yang diberikan.

9. Jaga Hubungan Baik sebagai Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita

Serumit apapun hubunganmu dengan atasan. Berusahalah untuk tetap menjaga hubungan baik dengannya. Cobalah untuk tetap berkomunikasi dengan atasanmu itu. Bagaimana pun juga, atasanmu adalah orang yang lebih senior dalam dunia kerja. Selain itu, atasanmu adalah orang pertama yang nantinya akan kamu mintakan surat rekomendasi, jika kamu memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Nah, sekarang teman kecil sudah paham kan bagaimana cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita. Dibaca juga ya artikel lain yang sudah Mila buat dengan sepenuh hati seperti 7 Cara Menyikapi Masalah Secara Dewasa, Biar Kamu Tenang.


Kunjungi juga artikel menarik yang telah disiapkan oleh rekan-rekan kami:

  1. Kamu Pernah Tiba Tiba Sedih Dan Ingin Menangis?
  2. Aplikasi Desain Logo di Tahun 2021 yang Patut Dicoba
  3. Ide Honey Moon ala New Normal Yang Wajib Kamu Coba!
banner social media

Leave a Reply