5 Hal Menjadikan Keseimbangan Adalah Kunci Sukses

Keseimbangan adalah
Photo by Jared Rice on Unsplash

Keseimbangan adalah kunci awal meraih ketenangan hidup. Keseimbangan sendiri sebenarnya bisa kita raih lebih mudah dari yang kita bayangkan. Keseimbangan sendiri, bisa di aplikasikan di berbagai hal. Seperti keseimbangan gizi, keseimbangan keluarga, keseimbangan pikiran, keseimbangan hidup dan masih banyak hal yang bisa kita aplikasikan dengan keseimbangan. Keseimbangan sendiri diperlukan agar, kita tahu batas bawah dan batas atas akan batasan tentang suatu hal.

Tapi, kali ini Skalakecil ingin membahas dari persoalan keseimbangan bekerja.

Keseimbangan Adalah Kemampuan Tubuh Dalam Bekerja

Apakah teman kecil sering merasa bekerja terlalu banyak hingga merasa lelah dan stres?. Hal tersebut biasa terjadi jika seseorang bekerja terlalu lama hingga melampaui batas energinya. Ke tidak seimbangan bekerja sendiri, menyebabkan seseorang kehilangan waktu bersama orang – orang terdekatnya dan efek jangka panjangnya anda mengalami  burnout. Definisi burnout sendiri adalah “kondisi kelelahan mental dan fisik yang disebabkan oleh kehidupan profesional seseorang”.

Di era digitalisasi ini, Burnout sering dialami pekerja karena diharuskan standby setiap menitnya untuk membalas email pekerjaan, chat, hingga memantau media sosial sepanjang hari. Di karena kan problem tersebut, Skalakecil memiliki beberapa saran untuk kalian mulai mengatur ulang keseimbangan bekerja.

Baca juga:

Berikut 9 Cara Menghadapi Atasan yang Tidak Menyukai Kita!

9 Topik Pembicaraan dengan Gebetan untuk Kamu yang sedang PDKT

1. Menemukan Keseimbangan

Teman kecil mulai mencari keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan. Setiap aspek tersebut mulai ditentukan batasannya masing – masing dan sampai mana pula batasan toleransinya yang bisa dilewati.

Seperti ketika kamu menargetkan untuk bekerja 9 ke 5, dan pulang tepat waktu. Tapi, ada keperluan kerja mendadak yang mengharuskan lembur. Nah, batas lembur ini harus mulai kita tetapkan dimana batas toleransinya. ketika dalam seminggu kita diharuskan lembur 2 kali, lalu harus menambah lembur 1 hingga 2 kali lagi. Kita mulai menyiapkan cara agar pekerjaan bisa terselesaikan sesuai waktu dengan baik.

Dan jangan lupa setelahnya luangkan waktu untuk diri sendiri mendapatkan hiburan. Intinya, semua tergantung pada diri teman kecil dan teman kecil bebas menentukan batas bawah dan batas atas pribadi teman kecil. Tentu di sesuaikan dan tetap memperhatikan batas kemampuan teman kecil sendiri baik dari aspek fisik, emosional hingga hal lainnya yang mempengaruhi keseimbangan adalah teman kecil.

2. Waspada Dengan Adrenalin

Percaya tidak percaya, hal ini sering terjadi di kehidupan profesionalitas. Ketika, teman kecil melakukan pekerjaan dan mampu bertahan dalam waktu yang lebih lama. Namun, tanpa teman kecil sadari sebenarnya kondisi fisik teman kecil sudah mengalami kelelahan karena bekerja dalam waktu yang lama, kedepannya bisa menyebabkan penurunan kesehatan hingga merusak kualitas tidur. Ujungnya anda akan menjadi pribadi yang tempramental.

Untuk menghindari akibat dari kejadian tadi, ada baiknya teman kecil melakukan kegiatan santai tanpa tuntutan seusai bekerja keras. Seminimal – minimalnya teman kecil bisa mulai berjalan santai menghirup udara diluar lingkungan pekerjaan. Kuncinya, teman kecil Luangkanlah waktu jangan isi keseharian dengan pekerjaan saja.

3. Salah Satu Cara Menjaga Keseimbangan Adalah Mencari Bantuan

Mengungkapkan berbagai permasalahan teman kecil bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasi stress dan masalah di pekerjaan. Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka kepada orang yang dipercaya dan mengakui pada diri sendiri bahwa teman kecil tidak mampu melakukan semua sendirian.

Coba belajar memahami diri teman kecil kapan waktunya membutuhkan bantuan orang luar dan saat bisa mengatasinya sendiri. Karena, jika ada hal yang diluar kemampuan anda terus dipaksakan menerus. Maka, teman kecil akan kesulitan menjaga keseimbangan bekerja dan kehidupan.

4. Atur Prioritas

Cobalah tentukan prioritas. Di saat teman kecil mengerjakan sesuatu, cobalah pahami pada diri teman kecil lebih baik menyelesaikan pekerjaan Anda di satu waktu dan hasil secukupnya atau berusaha menghasilkan output se idealis dan semenarik mungkin? Tidak ada yang salah dan benar atas pertanyaan sebelumnya. Karena prioritas ditentukan setiap individu untuk bisa menghasilkan output yang optimal sesuai harapan teman kecil.

Ada yang lebih senang bekerja, ada yang lebih senang bermain, ada yang lebih suka menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Apapun itu, teman kecil belajar lah membuat prioritas sehingga hal yang diharapkan bisa terpenuhi dan tidak mengganggu pekerjaan.

5. Cara Menemukan Keseimbangan Adalah dengan Do It For Yourself

Diri Sendiri
Photo by Etty Fidele on Unsplash

Ingatkah kapan teman kecil melakukan sesuatu untuk memenuhi ego diri sendri? jika tidak, maka mulailah mengatur jadwal untuk teman kecil melakukan Hobi Me time dari teman kecil masing – masing. Atau sesimpel teman kecil mematikan notif pekerjaan di hari libur untuk teman kecil menjalani seharian itu tanpa ada terpikir beban pekerjaan. Karena, anda melakukan kerja keras betujuan agar bisa melakukan Me time tersebut sekali waktu.

Nah, Semoga dari artikel di atas teman kecil dapat menerapkannya manfaatnya di keseharian. Kalau sudah, jangan lupa baca artikel Mila yang lainnya ya seperti: Seberapa Pentingkah Peran Keluarga Dalam Proses Sosialisasi


Kunjungi juga artikel menarik yang telah disiapkan oleh rekan-rekan kami:

  1. Pengertian Overthinking: Gejala dan Cara Mengatasinya
  2. Katanya Digital Nomad Adalah Tren Tenaga Kerja Baru, Ada Yang Berminat?
  3. Apa Itu Toxic Relationship? Jangan Sampai Hubungan Terjebak Disini
Banner Skalakecil

Leave a Reply